18 Oktober 2010

(EBC) E-Business and E-Commerce

E-Business
Secara sederhana e-business dapat diartikan sebagai bisnis yang dilakukan dengan menggunakan koneksi internet untuk terhubung dengan customers, partners dan suppliers. Berikut ini adalah beberapa pengertian e-business menurut beberapa ahli :

  • E-business adalah praktek pelaksanaan dan pengelolaan proses bisnis utama seperti perancangan produk, pengelolaan pasokan bahan baku, manufaktur, penjualan, pemenuhan pesanan, dan penyediaan servis melalui penggunaan teknologi komunikasi, komputer, dan data yang telah terkomputerisasi. (Steven Alter. Information System: Foundation of E-Business. Prentice Hall. 2002)
  • E-business meliputi semua hal yang harus dilakukan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) untuk melakukan kegiatan bisnis antar organisasi maupun dari organisasi ke konsumen. (Sid L. Huff, dkk. 2000. Cases in Electronic Commerce. McGraw-Hill)
  • E-business adalah mengenai penggunaan teknologi internet untuk melakukan transformasi proses bisnis yang dilakukan. Bentuk e-business yang paling mudah terlihat adalah pembelian barang secara online baik retail maupun grosir. (Samantha Shurety.1999. E-business with Net.Commerce. Prentice Hall)
  • Definisi e-business menurut IBM adalah sebuah pendekatan yang aman, fleksibel, dan terintegrasi untuk memberikan nilai bisnis yang berbeda dengan mengkombinasikan sistem dan proses yang menjalankan operasi bisnis utama dengan pemanfaatan teknologi internet. (Christoper Stoole. 2000. E-business – Just What is It? http://ebusiness.about.com/industry)

E-Commerce
E-Commerce merupakan suatu bisnis dalam bidang penjualan dan pembelian barang maupun jasa, yang dilakukan dengan internet yang terhubung dalam jaringan komputer yang luas. Dengan adanya e-commerce, penjual maupun pembeli tidak perlu melakukan tatap muka sehingga meningkatkan efisiensi dalam pemberian pelayanan terhadap pelanggan, dapat memberikan akses kepada pasar yang lebih luas dan dapat meningkatkan pelanggan baru yang lebih banyak.
Salah satu cara mudah untuk membangun sebuah website dengan basis e-business/e-commerce adalah dengan menggunakan CMS. CMS (Content Management System) adalah suatu perangkat lunak yang memungkinkan seseorang untuk menambah dan/atau memanipulasi isi dari suatu situs web. Dengan bantuan CMS, kita dapat membuat web menggunakan tamplate-tamplate yang sudah disediakan. Terdapat berbagai macam CMS seperti, joomla, wordpress, drupall dan lain-lain. Kebanyakan dari CMS tersebut berbasis php sebagai bahasa pemrogramannya. Namun ada salah satu CMS yang berbasiskan flash, yaitu FlashMoto. Penggunaan flash dalam web memiliki beberapa kelebihan, yaitu desain yang lebih menarik dan atraktif. Dengan bantuan FlashMoto kita dapat membuat web berbasis flash dengan mudah, cukup dengan menggunakan template yang telah tersedia.
Beberapa fitur yang disediakan oleh FlashMoto:
  • Dapat membuat halaman yang tidak terbatas, berlaku operasi update dan delete halaman
  • Dapat memanage menu website seperti CMS berbasis php
  • Membuat image gallery, termasuk menambahkan atau menghapus isi dari image gallery
  • Membuat form yang datanya dapat di record ke dalam database
  • Upload video dan musik
  • Kemampuan mengupload font yang berbeda

Contoh E-Business dan E-Commerce yang Menggunakan CMS FlashMoto
Converse
Merupakan perusahaan sepatu ternama yang berasal dari Amerika. Perusahaan ini memulai bisnis dalam penjualan sepatu sejak abad ke 20. Dalam usianya yg ke-30an, Marquis M. Converse, yang sebelumnya bekerja sebagai manajer dalam sebuah perusahaan pembuat alas kaki, membuka Converse Rubber Shoe Company di Malden, Massachusetts pada tahun 1908. Hal ini dilakukannya karena ketertarikannya yg besar terhadap sepatu. Perusahaan ini merupakan produsen sepatu karet, yang menawarkan sepatu bersol karet untuk pria, wanita dan anak-anak. Pada tahun 1915 perusahaan ini mulai memproduksi sepatu untuk olahraga tennis. Kemudian pada tahun 1917 mulai memproduksi sepatu untuk olahraga basket, pada tahun 1921 seorang pemain basket bernama Charles H. "Chuck" Taylor bekerja dan mempromosikan sepatu ini di Amerika. Pada tahun 1923 tanda tangannya ditambahkan pada patch All Star, yang hingga saat ini dikenal sebagai Converse Chuck Taylor All Star.

Levi
Levi's merupakan salah satu perusahaan pakaian ternama di dunia. Perusahaan ini bekerja dalam bidang penjualan pakaian dan dikenal dengan pakaian berbahan denim jeans. Perusahaan ini mulai memproduksi bahan denim sejak tahun 1870 dan sampai saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar