10 Januari 2011

(CIM) Corporate Information Management

(CIM) Corporate Information Management merupakan sebuah proses pembuatan strategi dalam perencanaan pengumpulan informasi yang dibutuhkan untuk meningkatkan nilai dan kegunaan dari suatu sumber daya informasi, mengurangi kerangkapan informasi, memastikan kepatuhan terhadap undang-undang dan meningkatkan keuntungan dari investasi di bidang teknologi informasi. Atau secara sederhana, CIM merupakan sebuah manajemen sistem informasi pada suatu perusahaan, bagaimana perusahaan tersebut dapat mengolah informasi yang ada sehingga dapat meningkatkan kinerja dan mutu dari perusahaan tersebut. Berikut ini adalah proses pembentukan manajemen perusahaan.

  1. Pembuatan Strategi yang Tepat
    Banyaknya sumber informasi yang masuk ke dalam suatu perusahaan, membuat perusahaan tersebut harus lebih selektif dalam menggunakannya dengan mengidentifikasi dan melihat relevansi dari informasi tersebut sehingga dapat membuat strategi yang tepat untuk kemajuan perusahaan.
  2. Perencanaan untuk Kebutuhan Masa Depan
    Dengan adanya perencanaan yang matang dalam proses perubahan sehngga dapat memenuhi kebutuhan informasi baru dan dapat memperkecil resiko yang akan diterima oleh perusahaan tersebut.
  3. Meningkatkan Nilai Utilitas Informasi yang Tersedia
    Suatu informasi yang dimiliki harus relevan, lengkap, akurat dan tepat waktu. Tetapi hal tersebut akan sia-sia, untuk itu CIM harus memastikan bahwa informasi yang berkualitas harus dimiliki oleh orang yang tepat, sehingga dapat diproses lebih lanjut untuk kemajuan perusahaan.
  4. Menghilangkan Informasi yang Berlebihan
    CIM harus dapat memilah informasi yang ada, informasi yang lebih penting harus selalu didahulukan.
  5. Memastikan untuk Undang-undang
    CIM harus terus-menerus menginterpretasikan persyaratan hukum dan memastikan bahwa semua langkah berada di tempat untuk memastikan kepatuhan terhadap undang-undang.
  6. Meningkatkan Laba atas Investasi di Teknologi Informasi
    CIM memastikan bahwa setiap potensi sumber daya teknologi informasi adalah sepenuhnya dieksploitasi oleh bisnis. Kunci utama bagi CIM adalah untuk mengurangi risiko yang ditimbulkan oleh informasi di perusahaan dengan memastikan bahwa informasi yang cukup terlindung dari penyalahgunaan dan pelecehan.
sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar