21 Desember 2010

(SNB) Social Network Bussiness


Menurut wikipedia, social Network atau jejaring sosial merupakan suatu struktur yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang diikat dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan dan lainnya. Adanya situs jejaringan sosial dapat mempermudah individu dalam menambah relasi baru dan dapat juga bergabung atau membentuk kelompok-kelompok yang memiliki kesamaan minat antara tiap individu tersebut. Selain itu beberapa situs jejaringan sosial juga telah mendukung aplikasi-aplikasi kecil seperti game.

Seiring perkembangan waktu mulai banyak juga individu maupun perusahaan melakukan bisnis melalui situs jejaringan sosial atau biasa disebut social network bussiness (SNB). SNB dapat dideskripsikan sebagai bisnis yang dilakukan melalui situs jejaringan sosial. Bisnis yang dilakukan dapat berupa jual-beli, promosi, jasa transfer dan masih banyak lagi.

Alasan mengapa social network menarik minat pebisnis :
  1. Tidak perlu membayar alias gratis, hal ini akan sangat membantu para pebisnis baru yang memiliki modal usaha terbatas.
  2. Dapat menjangkau semua kalangan, hal ini dikarenakan tren penggunakan jejaring sosial makin meningkat dan membuat orang-orang ingin terus menggunakannya.
  3. Tersedia group-group yang sangat potensial menjadi targeted-clients atau customer.
  4. Kemampuan untuk membangun komunitas yang kuat.
  5. Dapat digunakan untuk meningkatkan kematangan produk berdasarkan masukan yang diterima
  6. Update tentang produk bisa dengan mudah disampaikan sehingga setiap orang bisa tahu.

Banyak social network yang dapat digunakan untuk berbisnis, salah satunya adalah facebook. Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang mahasiswa Harvard kelahiran 14 mei 1984. Pada awalnya facebook dibuat sebagai situs jejaring sosial dalam lingkungan kampus. Facebook merupakan salah satu social network yang paling digemari, banyak hal yang bisa dilakukan dengan facebook termasuk SNB.
Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat digunakan untuk berbisnis menggunakan facebook. Pertama mengirimkan friend requests ke orang, semakin banyak teman maka semakin banyak orang yang tau tentang bisnis dijalani. Kemudian bergabung atau membuat group sesuai dengan bidang usaha, dalam group tersebut buat discussion board yang membahas tentang bisnis yang dilakukan. Aktif melakukan posting pada profil, agar semua orang dapat melihat bisnis yang dilakukan. Selain itu dapat juga dengan mengirimkan katalog barang-barang yang akan dijual dan juga cara untuk memperolehnya.

sumber:
http://ipwatchdog.com/2010/03/19/the-importance-of-using-social-networking-for-business-part-i-facebook/id=9748/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar