25 Februari 2010

Realism pada Grafik Komputer

Realism adalah suatu hal yang berkaitan dengan suatu kenyataan. Grafik komputer merupakan suatu ilmu yang mempelajari suatu teknik pembuatan dan manipulasi gambar (visual) secara digital. Sehingga realism pada grafik komputer dapat dikatakan sebagai suatu teknik pendesainan gambar yang menjadi lebih real (nyata). Contohnya dalam sebuah video game, membuat sebuah karakter manusia yang sangat real (nyata) sesuai dengan keadaan aslinya.



Ada beberapa teknik Realisme pada grafik komputer, yaitu:
  • Texture-maps: suatu teknik yang memetakan sebuah gambar ke permukaan geometri untuk membuat atau menciptakan sebuah penampilan dari suatu permukaan secara detail.
  • Environment-maps: suatu teknik dimana beberapa gambar yang direkam pada refleksi global (global reflection) dan pencahayaan pada suatu objek.
  • Bumb-maps: menciptakan ilusi tekstur yang tidak rata dengan mengkalkulasikan ketinggian suatu wilayah.
  • Normal-maps: suatu teknik yang dikenal sebagai dengan Dot3 Bump-mapping’. Teknik ini bekerja dengan cara yang sama dengan bump-maps.
  • Shadows-maps: suatu teknik yang dapat membuat tekstur bayangan dengan mengambil siluet objek jika dilihat dari sumber cahaya.

Istilah yang dikenal dalam grafik komputer :
  • Geometri dan modelling adalah Metodologi pemodelan geometri yang dapat dikategorikan menurut jumlah infor seperti masi 3D yang tersedia dan jenis sensor yang digunakan. Baik sensor aktif dan pasif telah digunakan untuk menyediakan pengukuran geometri 3D. Tidak seperti teknik berbasis gambar, karena tingkat detail untuk model dapat sangat kompleks, kebutuhan komputasi proses rekonstruksi meningkat karena lebih besar dan lebih akurat set data yang dibutuhkan. Meskipun melalui pembatasan umum, contoh rekonstruksi di kompleks lingkungan dunia nyata telah dicapai dan kemajuan konstan dalam kedua sensor dan teknologi perangkat keras komputer cenderung memberikan alat untuk pemodelan geometri secara luas di masa mendatang.
  • Rendering adalah proses menghasilkan sebuah gambar dari sebuah model, dengan menggunakan program komputer. Model adalah deskripsi dari benda tiga dimensi dalam bahasa didefinisikan secara ketat atau struktur data. Itu akan berisi geometri, sudut pandang, tekstur, pencahayaan, dan bayangan informasi. Gambar adalah sebuah gambar digital atau raster grafik gambar. Mungkin istilah oleh analogi dengan “artis render” dari sebuah adegan. ’Rendering’ juga digunakan untuk menggambarkan proses menghitung efek dalam video editing file untuk menghasilkan output video akhir.
  • Behaviour adalah seperti yang digunakan dalam ilmu komputer adalah membangun antropomorfik yang memberikan “kehidupan” untuk kegiatan yang dilakukan oleh komputer, aplikasi komputer, atau kode komputer sebagai respons terhadap rangsangan, seperti input pengguna. Juga, “perilaku” adalah sebuah blok pada script komputer yang dapat digunakan kembali, bila diterapkan pada suatu objek, terutama grafis, menyebabkannya untuk menanggapi input pengguna dalam pola-pola bermakna atau untuk beroperasi secara independen. Juga, behaviour adalah nilai yang berubah seiring waktu (salah satu konsep kunci dalam reaktif pemrograman fungsional). Istilah ini juga dapat diterapkan pada tingkat tertentu untuk fungsi-fungsi dalam matematika, mengacu pada anatomi kurva.
  • Interaction adalah semacam tindakan yang terjadi sebagai dua atau lebih objek yang memiliki efek terhadap satu sama lain. Gagasan tentang efek dua arah sangat penting dalam konsep iinteraction, sebagai lawan dari satu arah pada efek sebab-akibat. Sebuah istilah yang terkait erat dalam kesalingterkaitan, yang berkaitan dengan interaksi dalam sistem: kombinasi dari banyak interaksi sederhana dapat mengakibatkan kemunculan fenomena.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar